Banner
BPPAUDDIKMAS KALTENGDITJEN PAUDDIKMAS
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 22544
Pengunjung : 1554
Hari ini : 6
Hits hari ini : 23
Member Online : 0
IP : 54.161.71.87
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

karsajobfair    
Agenda
23 September 2018
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6

MODEL PENGGUNAAN GAMBAR TEMATIK PADA PEMBELAJARAN PAUD

Tanggal : 27-01-2018 12:24, dibaca 41 kali.

TIM PENGEMBANG

BAHAN PENUNJANG

Ety Ariani

Garianto

Amniah

widayanti

 

  • Media gambar tematik seri pekerjaan
  • Media gambar tematik seri binatang
  • Media gambar tematik seri tanaman
  • Media gambar tematik seri transportasi
  • Panduan penggunaan media gambar tematik pada pembelajaran di lembaga PAUD
     

 

Anak usia dini merupakan sosok individu yang sedang menjalani proses perkembangan dengan pesat dan sangat fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan dalam berbagai aspek seperti: fisik, sosio-emosional, bahasa dan kognitif sedang mengalami masa yang tercepat dalam rentang perkembangan hidup manusia (Berk, 1992 dalam Direktorat PTK-PNF, 2006:4). Masa ini dikenal dengan masa usia emas atau golden age.

Anak, di masa golden age, pada dasarnya tengah berada pada masa awal untuk belajar. Ia sedang menghadapi masa penting sekaligus masa krisis dalam periode perkembangannya. Dimana segala bentuk pencapaian perkembangan belajar pada masa ini akan berdampak bagi kehidupannya kelak. Saat ini, anak sangat membutuhkan dukungan yang membantu mengoptimalkan kemampuan belajarnya. Ibarat biji tanaman yang membutuhkan perawatan agar mampu tumbuh subur, berbunga, dan berbuah.

Bentuk dukungan tersebut hendaknya disajikan berupa pengalaman nyata yang menyenangkan dan bermakna. Mengingat konsep berpikir anak usia dini yang masih kongkret. Sehingga anak perlu mengalami sendiri hal-hal yang perlu dikenalkan padanya.

Terkait dengan hal tersebut, kami berupaya mengembangkan model penggunaan gambar tematik pada proses pembelajaran di lembaga PAUD. Gambar tematik ini dapat digunakan sebagai media guru dalam menyampaikan informasi maupun pengenalan suatu benda. Selain itu gambar tematik juga dapat dimanfaatkan sebagai alat bermain anak, khususnya dalam kegiatan mencocokkan.

  • Penggunaan Gambar Tematik sebagai Media

Gambar tematik merupakan salah satu bentuk alat peraga berupa media gambar yang dirancang sesuai dengan tema- tema pembelajaran. Dalam pembelajaran di PAUD gambar tematik dapat digunakan sebagai media bercerita. Metode bercerita dengan gambar adalah salah satu cara yang paling mendasar untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan membina hubungan interaksi dengan anak-anak.

  • Penggunaan Gambar Tematik sebagai Alat Permainan Edukatif

Gambar tematik dibuat menyerupai buku berjilid spiral yang setiap lembarnya dibagi menjadi dua bagian. Dengan bentuk seperti ini gambar tematik dapat digunakan sebagai alat permainan edukatif bagi anak. Karena anak dapat dengan leluasa membolak-balikkan gambar untuk mencari padanannya.

Adapun kegiatan yang dapat dilakukan anak dengan meggunakan gambar tematik diantaranya adalah:

▫          mencocokkan gambar dengan gambar.

▫          mencocokkan gambar dengan angka.

▫          mencocokkan gambar dengan tulisan.

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas